Memancing di Ranu Pani

9:14:00 PM

Setelah lama tidak mengunjungi Ranu Pani, desa yang berada di ketinggian 2100 mdpl. Akhirnya saya bisa kesana lagi, Oktober tahun kemarin. Kali ini tidak ada agenda untuk pergi ke puncak Mahameru, hanya menikmati suasana Ranu Pani.

Sesuatu yang baru bagi saya, melihat masyarakat desa berjajar di pinggiran danau Ranu Pani. Mereka sedang memancing, bisa berlangsung dari pagi sampai sore. Ternyata kegiatan ini telah lama dilakukan orang-orang, mungkin saya tidak sempat memperhatikan karena sebelum-sebelumnya saya hanya beberapa saat saja di Ranu Pani untuk registrasi pendakian.



Saya dengar mereka pernah ada yang dapat ikan sebesar paha orang dewasa. Buset, saya tidak bisa membayangkan bagaimana menarik senar pancingnya. Pasti melelahkan.

Saya jadi teringat kata seorang guru saya, bahwa memancing merupakan salah satu kegiatan purba yang masih bertahan sampai sekarang. Saat manusia masih ada di tahap food hunter  dalam bertahan hidup. Pasti melelahkan .... Namun pada saat itu manusia mempunyai kehendak bebasnya, tidak terikat 8-9 jam kerja... Hm, meski masih terikat dengan hukum biologis, yaitu lapar. 


Di danau Ranu Pani, memancing merupakan hiburan bagi mereka yang telah selesai bekerja di ladang. 


You Might Also Like

0 komentar

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar yang baik dan membangun. Tinggalkan komentar, ya! :)