Pak Tua Tanpa Email & Ponsel

2:38:00 AM

Saya bertemu denganya sekitaran minggu lalu di IFI Surabaya. Di hari yang berbahagia dikarenakan libur nasional pilkada itu, saya menghadiri agenda bincang buku foto tentang perahu layar nusantara.
Buku foto tersebut digarap oleh seorang perancis di tahun 1970-an, saat dirinya berada di Indonesia ditugaskan perusahaan minyak tempat kerjanya.

Orangnya bercelana pendek, dan terkesan sederhana. Meskipun pengantar bahasanya terlihat seperti mempersulit komunikasi sore itu, ia tetap berusaha menjawab pertanyaan dengan apik.
Slideshow foto perahu serta lagu-lagu pengantarnya dikemas dengan rasa. Video teaser buatannya tentang buku fotonya seperti membawa saya terlempar pada masa yang asing. Masa-masa saat saya belum lahir, bahkan mungkin pada masa itu orang tua saya masih menikmati celana cut-bray miliknya. Entahlah, video tersebut bisa diakses di mana.



Namanya, Paul Piolet. Pengguna kamera pentax, yang detailnya saya tidak tahu. Saat saya memutuskan menukar satu lembar uang rupiah dengan satu buku foto, Sir Paul dengan baik hati memberi saya satu lagi. Seharusnya memang saya hanya mendapat satu buku foto, ia dengan ramah berkata “alamat saya di Perancis ada di buku itu, sempatkan main kalau sedang di Perancis”.  
Dan sore itu pun dengan seenaknya saya berkata padanya “Someday we will meet in France”. 

You Might Also Like

0 komentar

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar yang baik dan membangun. Tinggalkan komentar, ya! :)