Sudah Kemana Saja

7:12:00 AM

sudah kemana saja?’ salah satu dari sekian ratus pertanyaan yang pernah kita tanyakan kepada lawan bicara kita. Saya memilihnya, karena pertanyaan ini sederhana, ehm tapi cukup menggelikan buat saya sendiri. Kadang saat kita bertemu dengan seseorang bermodel ‘tukang jalan-jalan’ kita secara tidak sengaja atau dengan sengaja mengajukan pertanyaan semacam ini. ‘sudah kemana saja?’ ini ialah pemicu obrolan. Menurut saya, pemicu obrolan yang kurang baik.  Lihat saja apabila sang penanya tidak tahu nama tempat-tempat yang disebutkan oleh lawan bicaranya, bakal kelimpungan dibuatnya. 

Tidak dapat dipungkiri, saya juga terkadang terjebak menanyakan ‘sudah kemana saja?’ kepada orang-orang secara acak yang pernah saya temui di jalanan. Setelah bertanya, saya berhenti sejenak lalu berpikir ternyata saya terlalu angkuh. Berpikiran saya sudah lebih banyak mengunjungi tempat mengagumkan. Padahal saya benar-benar tidak ada apa-apanya jika dibanding dengan orang-orang yang pernah mendengar pertanyaan saya tersebut. ah, amat malu rasanya. Di kemudian hari, saya enggan mengajukan pertanyaan seperti ini lagi. Jikalau saya yang dapat pertanyaan seperti itu, mungkin jawaban terbaiknya adalah sebuah senyuman.

Bertanya ‘sudah kemana saja?’lalu jika pertanyaan terjawab dan jawaban tersebut merupakan tempat yang pernah kita kunjungi,kurang lebih seperti bertanya minuman apa saja yang pernah ditengguk, dan minuman yang ditengguk itu bermerk sama, so what? Kita memang merasakan minuman yang sama tapi kita merasakan hal yang berbeda.


Pertanyaan muncul karena rasa ingin tahu, setuju? Namun terkadang rasa ingin tahu membuat kita terjebak pada presepsi yang mengurung kita pada jeruji angkuh. berpikiran bahwa kita berkondisi lebih baik dari orang yang kita tanya. Bukankah begitu?! (rjl)


(tulisan ini tidak untuk dijadikan sebuah pakem, banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktornya adalah tipe kepribadian lawan bicara)

You Might Also Like

0 komentar

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar yang baik dan membangun. Tinggalkan komentar, ya! :)