Taman Nasional Bertarif Hotel

3:12:00 AM

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (setelahnya akan disingkat, TNBTS) telah memberlakukan regulasi baru di tarif tiket masuknya. Saya persilahkan untuk kaget dengan adanya regulasi baru ini, karena kondisi ini benar-benar jauh dari sebelumnya. Untuk masuk TNBTS sebelumnya diberlakukan harga sekali bayar saja dan itu jika melakukan perjalanan ke Gunung Semeru via Lautan Pasir (yang termasuk TNBTS) atau dalam artian masuk lewat Bromo, tidak dipermasalahkan lagi untuk biaya masuk (artinya tidak membayar lagi untuk masuk ke kawasan pendakian Gunung Semeru). Mudahnya, sekali bayar saja. Sekarang tarifnya benar-benar diperhitungkan. Saya rasa pihak TNBTS benar-benar mengerti pangsa pasarnya, atau bisa saja pihak TNBTS telah merekrut marketer handal guna menyusun strategi penetapan harga dan juga menganilisis SWOTnya, hehe.

Saat ini tarif masuk menjadi 17,500 rupiah di hari kerja (tanggal hitam) dan 22,500 rupiah di hari libur (tanggal merah), kenaikan yang cukup berasa. Apalagi kini tarifnya dikenakan perhari selama pengunjung berada di kawasan pendakian gunung Semeru, benar-benar merogoh kocek bukan?! karena seperti menginap di hotel saja. Mari perhitungkan paling tidak membutuhkan 4 hari untuk pendakian santai, harus sedia 70,000 rupiah jika pendakian dilakukan di hari kerja. Itu saja belum biaya tetek bengek lainnya, seperti transportasi-logistik-sewa peralatan camping (jika tidak punya)-merchandise. Biaya yang kita bayarkan sekian-sekian rupiah tersebut guna perawatan dan pengembangan kawasan TNBTS. Jangan khawatir, kawan. (yang penting, sampahnya jangan ditinggal di gunung ya !! *sekilas nasihat*)

Ehm, ketika sudah tahu biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, apa iya masih mau main ke Semeru? Faktanya, seminggu yang lalu Ranu Kumbolo ramainya bak alun-alun kota. Tidak bisa dipungkiri tarif yang berubah tidak mempengaruhi jumlah pengunjung. 
alun-alun Ranu Kumbolo
Buat petualangan kok hitung-hitung? Uang bisa dicari tapi kesempatan tidak datang dua kali. Berhentilah sibuk menghitung uang, mari menabung dan mulailah melangkah... :) 

You Might Also Like

1 komentar

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar yang baik dan membangun. Tinggalkan komentar, ya! :)